TUGAS LATIHAN 1 SISTEM INFORMASI PEMBANGUNAN


Nama : Widiati Marsuni

NIM : 21/478493/SV/19317

Karakter Kepribadian : ENFJ-A


SOAL

Mengapa pemerintah/pemerintah daerah memerlukan sistem informasi dalam proses pembangunan? Anda bisa menjelaskan dengan memberikan ilustrasi satu contoh sistem informasi nyata yang digunakan oleh suatu institusi.

JAWAB

Pemerintah/pemerintah daerah memerlukan sistem informasi dalam proses pembangunan karena dengan adanya sistem informasi tersebut akan menghasilkan layanan informasi dan penyediaan informasi kepada masyarakat tentang berbagai program penyelenggaraan pemerintahan secara cepat. Selain itu, untuk menghasilkan layanan informasi atau data yang saling terhubung, terintegrasi, dan terstruktur sehingga meningkatkan efisiensi kerja, transparansi, dan kemudahan dalam pengawasan.
Salah satu contoh dari sistem informasi yang yang digunakan oleh institusi adalah Website Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, yakni kulonprogokab.go.id yang mana di dalamnya terdapat beberapa sistem informasi yang dikembangkan, salah satunya tani-KU.
tani-Ku merupakan sebuah sistem informasi yang dikembangkan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo dalam rangka mendukung kemudahan pengelolaan pertanian berbasis teknologi. Di mana dalam sistem ini terdapat 8 layanan informasi dan 3 layanan online yang dapat diakses oleh masyarakat, yakni sebagai berikut:
1. Layanan informasi umum, seperti Kios Saprodi, Pelaku Usaha, Produk Pertanian, serta informasi Agrowisata. Selain itu, terdapat fitur penyajian informasi berbentuk GIS (Peta).
2. Informasi yang update setiap hari kerja untuk harga komoditas pertanian serta berita online.
3. Informasi mengenai Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani), Kelompok Tani, dan Asosisasi Petani yang telah terdaftar.
4. Informasi mengenai Pasar Hewan Terpadu serta Pasar Tani.
5. Layanan online pembuatan surat rekomendasi pembelian BBM jenis tertentu.
6. Layanan online SKKH (Surat Keterangan Kesehatan Hewan).
7. Layanan Konsultasi online seputar dunia organisme pengganggu tanaman (hama), tanaman pangan, kesehatan hewan, dan agribisnis.
Tidak hanya itu, masyarakat dalam hal ini petani di Kabupaten Kulon Progo juga dapat mengetahui informasi lainnya, seperti sawah surjan yang merupakan pola pertanian masyarakat Kulon Progo, data base terpadu pertanian Kabupaten Kulon Progo baik data tahunan maupun bulanan, harga hewan ternak seperti kambing, sapi, dan domba, informasi mengenai P4S (Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya), dan SITOPIKU (Sistem Informasi Pemotongan Sapi di Rumah Pemotongan Hewan/RPH Kulon Progo).
Berdasarkan ilustrasi contoh diatas, maka adanya sistem informasi bagi pemerintah/pemerintah daerah itu sangatlah penting. Dengan adanya sistem informasi yang baik maka, informasi akan mudah diakses oleh masyarakat dalam contoh ilustrasi ini adalah masyarakat yang bekerja sebagai petani maupun yang berhubungan dengan pertanian tanpa membutuhkan waktu yang lama. Tentunya hal tersebut juga akan berdampak positif bagi proses pembangunan di suatu daerah serta bagi pemerintah dapat dijadikan sebagai alat pertimbangan dalam pengambilan keputusan bagi pimpinan jika akan membuat suatu program.